16 Hari Kampanye Anti-Kekerasan pada Perempuan dan Anak, DKI Buat Ruang Aman

16 Hari Kampanye Anti-Kekerasan pada Perempuan dan Anak, DKI Buat Ruang Aman

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta berusaha merealisasikan ruangan aman untuk perempuan dan anak di Jakarta. Satu diantaranya dengan melangsungkan 16 Hari Kampanye Anti Kekerasan Pada Perempuan dan Anak (HKATPA).

“Kick off HKATPA dilaksanakan 25 November, bersamaan dengan peringatan Hari Anti Kekerasan Wanita Internasional. Kegiatan diadakan di SD Negeri Kalibaru 09, Cilincing, Jakarta Utara,” kata Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati.

HKATPA, katanya, sebagai serangkaian akhir penyelenggaraan Program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Tahun 2022. Kegiatan ini diawali 25 November sampai 10 Desember 2022.

Menurut Tuty, 16 HKATPA ini dikerjakan berbentuk Road Show Jakarta Ramah Perempuan dan Perduli Anak, dengan topik “Buat Ruang Aman, Ketahui UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

Kegiatan ini mengangkat tagline “Satu Suara Untuk UU TPKS” dengan tagar #kenalUUTPKS, #JakartaRamahPerempuan, dan #JakartaPeduliAnak.

Kegiatan ikutsertakan BUMD, Baznas, dan dunia usaha
Sesudah di Jakarta Utara, tutur ia, kegiatan akan dikerjakan di Jakarta Barat pada 30 November. Seterusnya, pada 1 Desember di Jakarta Timur; 6 Desember di Jakarta Pusat; 7 Desember 2022 di Kepulauan Seribu; dan 8 Desember 2022 di Jakarta Selatan.

“Kegiatan ini mengikutsertakan lembaga internasional pemerhati perempuan dan anak, perguruan tinggi, BUMD, Baznas Bazis, dan dunia usaha,” ucapnya.

Dia menjelaskan, Road Show 16 HAKTPA dibungkus berbentuk talk show antikekerasan pada perempuan dan anak, rilis fasilitas sarana ramah wanita dan anak, dan pemberian bantuan keperluan detil anak.

“Materi talk show anti kekerasan pada perempuan dan anak, difasilitaskan oleh lembaga Komisi Nasional Perempuan, UNFPA, ILO dan IOM,” katanya.

See also  Minta Maaf ke Masyarakat Bali, Luhut: Tidak Tujuan Membuat Susah

Selainnya talk show, penerapan 16 HKATPA berisi pembagian 200 paket keperluan detil anak dari Baznas (Bazis), BUMD dan dunia usaha.

“Dalam waktu 16 ini hari, kita akan berusaha untuk merealisasikan ruangan aman untuk wanita dan anak di DKI Jakarta dengan mengenalkan faktor peraturan, mempersiapkan fasilitas dan sarana dan memberi bantuan keperluan detil anak,” kata Tuty.

 

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …