Anies Baswedan Reuni dengan Relawan TurunTangan yang Memberi dukungan Semenjak 2013

Anies Baswedan Reuni dengan Relawan TurunTangan yang Memberi dukungan Semenjak 2013

Calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan reuni dengan barisan relawan TurunTangan. Barisan ini sebagai salah satunya gerakan yang menggerakkan Anies Baswedan masuk ke politik di tahun 2013.

Anies yang datang lewat virtual dalam TurunTangan Gathering Nasional 2023 di Makassar, menghargai sepuluh tahun perjalanan barisan ini yang sudah berubah jadi sebuah yayasan.

“Selama10 tahun perjalanan, sepuluh tahun perjuangan yang sudah jadi sebuah usaha, di satu segi jadi wahana untuk tumbuh berkembangnya semangat kerelawanan,” tutur Anies dalam penjelasannya.

Gerakan TurunTangan ialah inkubasi kepimpinan lewat gerakan sosial. Sekarang ini Gerakan TurunTangan sudah datang di 77 kota/kabupaten se-Indonesia, dan aktif melakukan beragam kegiatan di bagian pendidikan, lingkungan, kesehatan, sosial kemanusiaan, dan pembelajaran politik.

Selanjutnya, Anies menerangkan TurunTangan ialah sebuah gerakan yang tiba dari individu yang perduli, melakukan aktivitas, dan lalu meneruskannya di beberapa sektor. Bekas Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan kehadiran beberapa relawan yang perduli dengan warga, perduli pada peralihan, dan kemauan untuk pembaruan benar-benar dirasa efeknya.

“(Relawan semacam itu) stoknya ada banyak, yakni siapa? Anda semua, kita semuanya yang sejauh ini beraktivitas melalui TurunTangan,” kata Anies.

Dalam Gathering Nasional yang diadakan pada 12 Januari 2023, beberapa kegiatan diselenggarakan oleh TurunTangan. Seperti seminar nasional dengan topik “Menjaga Logika Kritis Anak Muda di Zaman Post-Truth” yang didatangi oleh beberapa pejabat daerah di Makassar.

Aksi TurunTangan
Barisan TurunTangan pernah jadi tempat berkumpulnya partisipan yang ingin memberikan dukungan Anies sebagai capres pada tahun 2014. Waktu itu, Anies sempat jadi pembicaraan di sosial media untuk maju sebagai calon presiden, tetapi kalah atas Joko Widodo atau Jokowi yang waktu itu masih memegang sebagai Gubernur DKI Jakarta.

See also  Gratis Pembaruan Rumah Eksklusif Eny dan Tiko, Ketua RT: Banjir Bantuan dari YouTuber sampai Masyarakat

Anggota tim sukses Anies Baswedan saat itu, Philips Vermonte, menjelaskan kemampuan Anies di sosial media ialah originalitas ide-gagasannya. Karenanya, beberapa orang yang dengan suka-rela menolong rektor dan peserta Pakta Demokrat itu berkampanye di ranah jagat maya lewat website turuntangan.org.

“Mereka ini orang yang dengan suka-rela mendaftarkan dan mereka aktif di sosial media,” kata Philips, saat dikontak.

Bahkan juga, katanya, jumlah relawan yang bergabung dalam turuntangan.org telah capai lebih dari 5.000 orang. Menurut Philips, relawan Anies yang bergabung di turuntangan.org secara automatis akan selalu tersambung ke situs Anies, www.aniesbaswedan.com. Anies, tutur ia, tidak lupa terus merajut komunikasi dengan relawan yang memberi dukungan.

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …