Berkunjung ke Solo, Anies Baswedan Berjumpa Habib Novel Alaydrus dan Bisa Tongkat Tanduk Rusa

Berkunjung ke Solo, Anies Baswedan Berjumpa Habib Novel Alaydrus dan Bisa Tongkat Tanduk Rusa

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berkunjung ke Kota Solo. Dalam peluang itu, Anies berkunjung Pondok Pesantren Ar Raudhah, Pasar kliwon, Solo, dan berjumpa dengan Habib Novel Alaydrus, si pemilik ponpes.

Dijumpai mass media saat kunjungannya ke Pondok Pesantren Ar Raudhah, Anies menerangkan arah kehadirannya ke Solo untuk mendatangi undangan rekan yang menikahkan anaknya.

“Rekan ada yang menikahkan anaknya, saya diundang, saya datang,” sebut ia.

Selainnya mendatangi acara temannya, Anies meluangkan diri ziarah ke makam Habib Anis bin Alwi al Habsyi.

“Saya hanya sowan, menanti azan Jumat sekalian bersilahturahmi sekaligus. Saya lama tidak bertemu beliau (Habib Novel) . Maka arah kami barusan bersilahturahmi, selanjutnya sholat Jumat sama, usai, makan sesaat, terus pamit,” kata Anies.

Anies yang akan digotong oleh Partai Nasional Demokrat atau Nasdem sebagai capres di Pemilu 2024 itu akui, terakhir kali berjumpa dengan Habib Novel saat sebelum wabah Covid-19.

“Alhamdulilah saya mengucapkan syukur sekali siang ini dapat bersilaturahmi, dapat berjumpa dengan Habib Novel. Barusan kita dengar nasihat beliau. Jadi orang sebagai referensi, kita doakan beliau selalu sehat, dipanjangkan umurnya, dipermudahkan dalam semua aktivitas ceramahnya, dan terus jadi panutan untuk kita,” katanya kembali.

Ditanyakan sekitar materi perbincangan dengan Habib Novel, Anies menjelaskan tatap muka cuma berisi percakapan rileks dan penuh nasihat dari Habib Novel. Dia menentang ada ulasan masalah pencapresan (pencalonan presiden).

“Ya obrolannya rileks tetapi penuh nasihat, penuh makna. Tidak ada yang khusus, semua makna,” kata Anies.

Hadiah tanduk rusa

Dalam peluang itu, Habib Novel menghadiahkan untuk Anies berbentuk tongkat tanduk rusa. Anies akui suka dengan pemberian itu karena dinilai itu unik.

See also  Survey Populi Center: 83,5 % Masyarakat Jakarta Senang Atas Kepimpinan Anies Baswedan

“Saya suka bisa tongkat ini. Dari tanduk rusa yang tidak dipotong tetapi terlepas sendiri dari kepalanya. Ini unik. Saya membawa ini, terima kasih. Insya Allah jadi makna buat kita,” katanya.

Adapun Habib Novel menjelaskan suka menyongsong kehadiran Anies. Dia menerangkan pemberian tongkat tanduk rusa ke Anies sebagai hadiah.

“Sebagai manusia harus siap terima siapa saja tanpa pandang bulu. Dan jadi orang yang memiliki iman, saat ada tamu yang tiba pasti harus memuliakan tamunya. Dan ini salah satunya langkah saya memuliakan tamu, tongkat ini sebagai sunah nabi,” kata Habib Novel.

Dalam pada itu, saat disentil berkenaan aktivitasnya setelah purna pekerjaan sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies menjelaskan sempat ke Balikpapan untuk serah-terima kedudukan Ketua Federasi Pemerintahan Propinsi Semua Indonesia atau APPSI.

“Saya ketuanya (APPSI), karena saya usai pekerjaan sebagai gubernur karena itu dilanjutkan oleh wakil ketua yakni Gubernur Kalimantan Timur,” katanya.

Setelah kunjungannya ke Pondok Pesantren Ar Raudhah itu, Anies menjelaskan dia cuma akan singgah ke salah seorang famili atau kerabatnya lalu pulang ke Jakarta.

 

Check Also

5 Kesaksian Terang-terangan Bharada E di Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua

5 Kesaksian Terang-terangan Bharada E di Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua Richard Eliezer Pudihang Lumiu …