Bila Tidak Kembali Jadi Ketua Umum PSSI, Iwan Bule Mengharap Shin Tae-yong Masih tetap Pelatih Timnas Indonesia

Bila Tidak Kembali Jadi Ketua Umum PSSI, Iwan Bule Mengharap Shin Tae-yong Masih tetap Pelatih Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengharap Shin Tae-yong tetap jadi pelatih Timnas Indonesia bila ia tak lagi menjabat. Juru strategi asal Korea Selatan itu tetap mempunyai kontrak sampai November 2023.

Periode kedudukan Iriawan sebagai Ketua Umum PSSI mempunyai potensi usai lebih cepat. Ini merujuk pada gagasan liga sepak bola Indonesia melangsungkan Kongres Luar Biasa (KLB) pada 18 Maret 2023.

Pria yang dekat dipanggil Iwan Bule itu dipilih sebagai Ketua Umum PSSI pada 2 November 2019. Maknanya, periode jabatannya jadi orang nomor satu di PSSI sebenarnya habis pada 2 November 2023.

Saat ditanyakan masalah nasib Shin Tae-yong bila dianya tidak lagi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, Iwan Bule menjawab: “Bertanya saja Shin, terserah ketua baru. Jika kontrak Shin masih sampai November 2023. Kita mengharap Shin bertahan. Insya Allah ia bertanggungjawab ke pekerjaannya.”

Saat interviu terbatas di kantor PSSI, Jakarta, pada Senin, 31 Oktober 2022, Iwan Bule bicara banyak masalah argumennya pilih Shin Tae-yong untuk tangani Timnas Indonesia. Liga sepak bola Indonesia mengontraknya dengan cara resmi semenjak 1 Januari 2020.

“4 tahun (kontrak) sampai 2023. Ia tiba untuk menjaga Timnas U-20, tetapi ia latih U-23 dan senior. Itu tekad ia. Shin ingin ada keberlanjutan, ia ingin rangking FIFA naik,” kata Iwan Bule.

Ketua Umum PSSI itu mengutarakan beberapa argumen kenapa pilih Shin jadi pelatih timnas Indonesia. “Selain pelatih kelas dunia, ia orang Korea Selatan cukup disiplin dan konsentrasi ke timnas. Ia tidak mengenal sama orang luar,” ucapnya.

“(Pemain titipan) saat ini tidak ada. Shin tak pernah komunikasi. (Saya tak pernah nitip) Jika Ketua umum nitip satu, yang di bawah dapat nitip 10,” sebut mantan Kapolda Metro Jaya ini.

See also  Pucuk Peringatan Hari Santri Nasional 2022, Kemenag Gelar Shalawat Berkebangsaan

Di bawah Shin Tae-yong, Timnas Indonesia sukses menulis prestasi yang lumayan bagus, walau belum sanggup menyikat satu juga piala. Pelatih berumur 52 tahun ini loloskan tim nasional senior dan Timnas U-20 ke Piala Asia 2023.

Kata Ketua Umum PSSI masalah Shin Tae-yong yang pernah memberikan ancaman akan mundur?

Dalam peluang interviu itu, Sempat bertanya masalah Shin Tae-yong yang sempay menulis pengakuan di account Instagram kepunyaannya akan mundur selaku pelatih Timnas Indonesia bila Iwan Bule dipaksakan untuk memundurkan diri karena berlangsungnya tragedi Kanjuruhan.

Pengakuan itu ada sesudah tekanan supaya Iriawan mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI makin marak. Orang nomor satu di liga sepak bola Indonesia itu dipandang seperti figur yang perlu bertanggungjawab atas berlangsungnya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada 1 Oktober 2022, yang tewaskan 135 orang dan membuat beberapa ratus orang beberapa luka.

“Saya bertanya ke ia, mengapa kok demikian. Ia menerangkan ‘kita ini satu kesatuan, jika saya salah ia turut salah’, itu yang dikatakan,” kata Iwan Bule.

“Kita tidak berdiri dengan sendiri, pemain, pelatih, ada kontributor, semua punyai kontributor. Jika Iriawan mundur, saya (Shin) mundur,” sebut Ketua Umum PSSI sampaikan apa yang dikatakan Shin Tae-yong padanya. “Saya ngomong, tidak boleh.”

Shin Tae-yong kini sedang pimpin pemfokusan latihan Timnas U-20 Indonesia di Turki semenjak 16 Oktober dan akan lanjut ke Spanyol sampai 4 Desember kelak. Di antara training, tim bimbingannya akan jalani pertandingan uji coba. Yang terkini, Marselino Ferdinan dan beberapa rekannya akan hadapi Timnas U-20 Moldova di Turki pada Selasa, 1 November 2022. Pertandingan ini akan dimainkan pada 19.00 WIB dan ditayangkan di ANTV.

See also  NasDem Melarang Kadernya Kritikan Jokowi

 

Check Also

Kementerian PUPR Membangun jaringan Sistem Penyediaan Air Minum di Lombok, Nilai Proyek Rp 30,8 Miliar

Kementerian PUPR Membangun jaringan Sistem Penyediaan Air Minum di Lombok, Nilai Proyek Rp 30,8 Miliar …