BPBD DKI: Semua Banjir di Jakarta Telah Surut

BPBD DKI: Semua Banjir di Jakarta Telah Surut

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menjelaskan semua banjir di Jakarta telah surut. Ia menjelaskan masyarakat sudah tinggalkan evakuasi.
“BPBD DKI Jakarta pastikan semua pengungsi sudah kembali lagi ke tempat tinggalnya masing-masing karena banjir sudah surut,” kata Isnawa Adji dalam info tercatat.

Isnawa menjelaskan pihaknya sekarang ini konsentrasi bersihkan tersisa lumpur dan sampah pascabanjir. Pemerintah provinsi DKI Jakarta, katanya, sudah lakukan pengatasan banjir secara cepat.

“Saya ucapkan animo ke semua barisan Pemerintah provinsi DKI seperti Dinas Sumber Daya Air, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, PPSU Kelurahan yang disokong oleh elemen TNI/Polri, unsur masyarakat dan lembaga pegiat kebencanaan yang turut serta dalam pengatasan banjir ini kali,” katanya.

Isnawa menjelaskan terjadi hujan dengan intensif berlebihan 168,8 mm/hari terjadi kawasan Bogor. Ini, katanya, membuat ketinggian muka air di Bendung Katulampa naik jadi 220 cm (siaga 1/bahaya).

Keadaan ini dituruti peningkatan di ketinggian muka air di Pos Awasi Depok jadi 270 cm (Siaga 2/Siaga) dan Pintu Air Manggarai jadi 760 cm (siaga 3/waspada).

Banyak wilayah yang ada di saluran Sungai Ciliwung selanjutnya terimbas banjir. BPBD DKI Jakarta jamin, kubangan yang awalnya menerpa daerah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan sudah surut.

“Saya mengevaluasi lokasi terimbas banjir untuk pastikan usaha pengatasan banjir berjalan dengan baik dan dapur umum yang dipersiapkan oleh Tagana Dinas Sosial juga dapat memberi bantuan makanan siap sajian ke warga yang terimbas,” katanya.

Banjir di Bidara Cina Surut, Masyarakat Membersihkan Rumah
Banjir yang menerpa Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, telah surut. Masyarakat telah kembali lagi ke rumah masing-masing.

See also  Hary Tanoe Klaim Pernah Usul ke Jokowi Supaya Tayangan TV Digital Jalan Simulcast

Banjir sudah surut keseluruhan. Rumah masyarakat yang pernah tergenang lumpur banjir sudah dibikin bersih.

Ketua RW 07 Kelurahan Bidara Cina, Mamat Sahroni, menyebutkan daerahnya selalu ditembus banjir bila daerah Bogor diguyur hujan lebat. Ia menyebutkan tidak ada turap yang dibuat di daerahnya.

“Jika turap itu belum ya. Turap itu baru sampai RW 05. RW 06 dan RW 07 tidak ada turap,” kata Mamat.

“Selalu banjir. Jika hujan di Bogor deras, sudah tentu banjir,” katanya.

Ia mengeklaim daerahnya tidak akan tergenang banjir bila hujan cuma mengguyuri Jakarta.

“Jika hujan di sini sederas apa saja tidak banjir. Hujan di Bogor ya itu buat banjir,” katanya.

 

Check Also

Kementerian PUPR Membangun jaringan Sistem Penyediaan Air Minum di Lombok, Nilai Proyek Rp 30,8 Miliar

Kementerian PUPR Membangun jaringan Sistem Penyediaan Air Minum di Lombok, Nilai Proyek Rp 30,8 Miliar …