Di Depan Mahasiswa RI di Inggris, Bahlil Sebutkan Pemerintah Prioritaskan Investasi untuk Hilirisasi

Di Depan Mahasiswa RI di Inggris, Bahlil Sebutkan Pemerintah Prioritaskan Investasi untuk Hilirisasi

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengutamakan hilirisasi sumber daya alam sebagai salah satunya jadwal utama pemerintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pemerintahan mengharap hilirisasi akan tingkatkan nilai lebih untuk industri sektor primer yang fokus pada ekspor barang.

“Dengan alih bentuk ini, keterlibatan Indonesia dalam rantai nilai global akan bertambah,” sebut Bahlil di muka mahasiswa Indonesia di Inggris seperti pada info tercatat.

Bahlil memberikan contoh hilirisasi nikel sebagai komoditas yang berkesempatan benar-benar strategis di pasar global. Menurut dia, Indonesia mempunyai cadangan nikel paling besar di dunia dengan jatah capai 23,7 %. Hingga, hilirisasi nikel, seperti sel baterai, jadi produk turunan berbasiskan teknologi. Produk turunan ini akan memberi nilai lebih komoditas sejumlah 68 kali lipat.

Dengan hilirisasi itu, katanya, Indonesia bisa menjadi negara pengekspor komoditas berharga lebih tinggi. Musababnya, sel battery sebagai komponen utama pada mobil listrik. Dia percaya hilirisasi nikel dapat menggerakkan Indonesia jadi pusat produksi mobil listrik dunia pada masa datang.

Bahlil memaparkan beberapa gagasan investasi battery listrik di Indonesia yang mengikutsertakan beberapa perusahaan raksasa dunia, seperti LG, CATL, Foxconn, dan British Volt. Nilai investasi LG capai US$ 9,8 miliar, sementara investasi CATL tembus US$ 5,2 miliar, Foxconn US$ 2 8 miliar, dan British Volt US$ 2 miliar.

Walau ekonomi global dibayangi resesi, dia optimis sasaran aktualisasi investasi pada 2022 sejumlah Rp 1.200 triliun akan terwujud. Untuk tangkap kesempatan-peluang ini, Bahlil selanjutnya mengunjungi Inggris buat ajak investor menyuntikan modalnya di Indonesia.

Bahlil menjumpai Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone di antara aktivitas World Economic Komunitas 2022 di Davos pada Mei 2022. Indonesia dan Inggris bekerja sama di dalam tiga sektor fokus, yakni energi baru terbarukan, industri hilirisasi tambang nikel, dan industri kesehatan.

See also  Peruntukan Subsidi Ticket Transjakarta di APBD DKI 2023 Dikurangkan Rp 409 Miliar, Untuk Mobil Dinas Polri dan TNI

“Walau ekonomi Inggris mengalami perlambatan, tetapi ada banyak kesempatan investasi yang bisa kita pelajari,” katanya.

Selain itu, Bahlil sampaikan keutamaan peraturan hilirisasi dalam negeri, seperti larangan export nikel mentah yang sudah diaplikasikan pemerintahan dalam 5 tahun akhir. Dia memandang Indonesia sudah sukses memaksakan industri dalam negeri lakukan hilirisasi. Bahlil mengarah pada ekspor produk turunan nikel yang bertambah 7x lipat sepanjang empat tahun akhir, dari US$ 3,3 miliar pada 2017 jadi US$ 20,9 miliar pada 2021.

Dia yakini yang akan datang, diperlukan inovasi peraturan yang lebih berani untuk memberikan dukungan proses industrialisasi, terutamanya untuk hilirisasi industri dalam negeri. Menurut Bahlil, memerlukan interferensi aktif dari pemerintahan, seperti bantuan ekspor untuk sektor strategis, proteksi dengan pajak impor yang tinggi, kewajiban mengikutsertakan produsen dalam negeri, dan pembatasan pemilikan asing.

 

Check Also

Pemeliharaan Sungai Ciliwung Dapat Jadi Ukuran Perawatan Sungai Lain di Indonesia

Pemeliharaan Sungai Ciliwung Dapat Jadi Ukuran Perawatan Sungai Lain di Indonesia Menteri Pekerjaan Umum dan …