Dinkes Jawa tengah Sebutkan Ada Pasein Gagal Ginjal Akut tetapi Tidak Konsumsi Obat Sirop

Dinkes Jawa tengah Sebutkan Ada Pasein Gagal Ginjal Akut tetapi Tidak Konsumsi Obat Sirop

Kepala Dinas Kesehatan Jawa tengah Yunita Dyah Suminar menjelaskan sekarang ada tiga pasien yang masuk kelompok gagal ginjal akut misterius datang dari daerahnya. Dari 3 pasien itu, ada yang tidak konsumsi obat tipe sirup yang sejauh ini dipandang salah satunya pemicu gagal ginjal akut.

Ia mengutarakan tidak semua pasien itu konsumsi obat sirup saat sebelum didiagnosis alami tanda-tanda gagal ginjal akut. “Ada yang tidak konsumsi obat sirup,” katanya.

Menurut dia, semua pasien itu dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat dr Sardjito Yogyakarta. “Sama seperti yang disebut Pak Gubernur Kemarin, satu diantaranya dari Wonogiri,” bebernya. Ia malas mengatakan lebih detil daerah asal pasien.

Awalnya, Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo menjelaskan ada lima kasus diperhitungkan gagal ginjal akut di daerahnya. Tetapi, Yunita menerangkan cuma tiga dari 5 kasus itu yang masuk kelompok gagal ginjal akut misterius.

Masalahnya satu kasus sudah diketahui factornya hingga tidak masuk kelompok misterius. Sementara satu kasus lain teridentifikasi saat sebelum periode timbulnya penyakit gagal ginjal akut.

Ganjar menjelaskan, sudah memerintah Dinas Kesehatan untuk intensif berbicara dengan korps-nya di kabupaten dan kota untuk tangani gagal ginjal akut. “Terhitung dengan semua rumah sakit di Jawa tengah,” katanya.

 

See also  Juara Jakarta Marathon 2022, Odekta Elvina Naibaho: Modal ke SEA Games 2023 Di Kamboja

Check Also

16 Hari Kampanye Anti-Kekerasan pada Perempuan dan Anak, DKI Buat Ruang Aman

16 Hari Kampanye Anti-Kekerasan pada Perempuan dan Anak, DKI Buat Ruang Aman Dinas Pemberdayaan, Perlindungan …