Dulu Ngomong Cocoknya untuk Kolam Lele, Saat ini Prasetyo Edi Sebutkan Sumur Resapan Program Baik

Dulu Ngomong Cocoknya untuk Kolam Lele, Saat ini Prasetyo Edi Sebutkan Sumur Resapan Program Baik

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi berpandangan sumur resapan ialah program yang bagus untuk menangani banjir di Jakarta. Cuma, sejauh ini pembikinan sumur resapan itu tidak pada tempatnya.

“Sebenarnya sumur resapan itu program baik, hanya salah penempatannya. Jika di jalan aspal terpasang sumur resapan, airnya tidak menyerap, pada akhirnya air diambil sumur resapan, dibuang keluar kan tidak ada fungsinya,” katanya saat menyongsong hari awal Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI di Balai Kota.

Dia juga minta supaya pengatasan banjir dilaksanakan dari hilir dan hulu hingga sumur resapan dapat semakin maksimal.

“Hilir hulu dirampungkan. Pertanyaannya apa itu tetap banjir? saya jawab iya masih banjir, yang kecil-kecil itu dirampungkan. Hilir hulu belum kelar, sumur resapan masuk dan salah juga aplikasinya,” ucapnya.

Dia juga menggerakkan Pemerintah provinsi DKI memberi hibah ke daerah penyangga seperti pada Bogor supaya teritori Puncak bisa dijaga berkaitan pengaturan banjir.

“Jakarta daerah di bawah dan penyangga Jakarta harus dikasih hibah, seperti zaman dahulu, Bogor diberi agar tidak boleh bangun Puncak,” katanya.

Sumur resapan akan digunakan Heru Budi

Heru Budi Hartono menjelaskan akan meneruskan program sumur resapan yang sudah diawali di zaman Gubernur Anies Baswedan.

Heru Budi Hartono menyebutkan program sumur resapan berguna untuk mengontrol banjir khususnya di daerah yang mempunyai topography cekungan.

“Semua program itu bagus, pasti sumur resapan dapat digunakan untuk daerah yang cengkung,” kata Heru saat memberi info jurnalis hari awal bekerja di Balai Kota Jakarta, Senin.

Selainnya daerah cengkung, lanjut ia, sumur resapan bisa juga dibikin di daerah yang ada di permukaan sungai.

See also  Saat Kamaruddin Perlihatkan Baju Dengan harga Rp 1 Juta Pemberian Ferdy Sambo ke Brigadir J

Berkaitan lanjutan program itu, katanya, pihaknya akan mengulas program itu dengan legislatif atau DPRD DKI.

“Itu kelak kami saksikan, ulasannya dengan Ketua DPRD,” tambah Heru.

Berbeda sikap Prasetyo Edi

Sikap Prasetyo Edi itu bertolak-belakang dengan sikapnya yang hapus anggaran pembikinan sumur resapan. Dia memandang program itu tidak bermanfaat. Beberapa kabar berita menulis penolak politisi PDIP itu pada sumur resapan.

Dia-lah sebagai orang yang menyarankan penghilangan anggaran pembikinan sumur resapan di APBD DKI 2022.

Jadi orang yang mencoret pos anggaran sejumlah Rp 120 miliar untuk sumur resapan, Prasetyo Edi, politisi PDIP itu tidak ingin project pengendalian banjir itu dibujetkan APBD.

Menurut Prasetyo, project sumur resapan tidak ada buat. Tidak berguna. Yang ada, menurutnya malah buat hancur jalanan yang ada.

“Itu tidak ada fungsinya, saat ini lihat sendiri apa itu dapat optimal? Tidak, rupanya menghancurkan semuanya yang ada,” sebut Prasetyo Edi di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Januari 2022.

Prasetyo Edi sebutkan anggaran sumur resapan harus dihapus

Prasetyo menyebutkan, dianya telah mencoret anggaran sumur resapan dalam Perancangan APBD DKI 2022. Sebagai pemasti Banggar, politisi PDIP ini menjelaskan, memiliki hak mencoret anggaran yang tidak optimal dilakukan.

Karenanya, dia menampik gagasan Pemerintah provinsi DKI yang ingin masukkan kembali aokasi anggaran untuk program sumur resapan. Ia berkata ulasan Perancangan Ketentuan Daerah APBD DKI 2022 telah ditetapkan pada November 2021.

“Tidak bisa dimasuk-masukkan kembali. Jika ditempatkan kembali itu siluman,” ucapnya.

Bahkan juga dia memandang sumur resapan lebih bermanfaat sebagai kolam lele. Dia minta Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) menjadikannya sebagai kolam ikan lele.

See also  Esok Anies Baswedan Gowes dari GBK ke Balai Kota untuk Hadiri Acara Perpisahan

“Cocoknya ini buat kerja-sama dengan Dinas KPKP DKI, masukan lele didalamnya lalu warga yang menjaga dan kasih makan. Itu bisa saja sumber penghasilan,” kata politisi PDIP itu.

Check Also

Gerindra-PKB Masih tetap Ingin Dirikan Sekber di tengah Rumor Perjodohan Prabowo-Ganjar

Gerindra-PKB Masih tetap Ingin Dirikan Sekber di tengah Rumor Perjodohan Prabowo-Ganjar Dalam kurun waktu dekat …