Gempa Ini hari: Purwakarta Digoncang Gempa M3,6 di Hari Imlek

Gempa Ini hari: Purwakarta Digoncang Gempa M3,6 di Hari Imlek

Gempa ini hari bermagnitudo 3,6 mengguncangkan wilayah Purwakarta, Ahad, 22 Januari 2023 atau bersamaan dengan Hari Raya Imlek. Gempa yang terjadi pada jam 11.58 WIB dituruti 2x gempa susulan sampai 12.30.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tegar Rahayu, getaran gempa berasa di Purwakarta dan daerah lain sekelilingnya seperti Cianjur.

Berdasar peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari warga, gempa di wilayah Purwakarta bertaraf intensif III MMI. Getaran dirasa riil di rumah seolah ada truk yang lewat.

Sementara di daerah Cikalongwetan, Cianjur, Karangtengah, Ciranjang, Darangdan, dan Cirata, rasio intensif gempanya range III-II MMI. Getaran cuma dirasa oleh sebagian orang dan membuat beberapa benda enteng yang digantung bergoyang.

Selama ini menurut BMKG tidak ada laporan berkenaan kerusakan bangunan sebagai imbas gempa bumi itu. Sementara gempa susulan terdaftar 2x sampai jam 12.30 WIB.

Hasil dari analitis BMKG, dijumpai pusat sumber gempa atau episenter ada pada koordinat 6.73 LS dan 107.34 BT. Lokasinya di darat memiliki jarak sekitaran 22 km arah barat daya Purwakarta.

Gempa termasuk dangkal dengan kedalaman 7 km. “Gempa karena kegiatan Sesar Cirata,” kata Rahayu.

BMKG menghimbau masyarakat supaya masih tetap tenang dan tidak dipengaruhi oleh rumor yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

See also  Gunakan Teknologi RISHA, Rumah Tahan Gempa Akan Dibuat di Cianjur

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …