Jokowi Sah Anugerahkan 5 Figur Jadi Pahlawan Nasional

Jokowi Sah Anugerahkan 5 Figur Jadi Pahlawan Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan cara resmi dalam seremoni di Istana Negara memberikan gelar pahlawan nasional ke 5 orang figur yang dipandang berjasa untuk negara dan bangsa.

Jokowi yakini, mereka telah berperan besar untuk tumpah darah Nusantara dan Tanah Air Indonesia.

“Ini hari pemerintahan, menganugerahkan gelar pahlawan nasional ke figur yang sudah memberi kontributor besar ke negara dan bangsa,” kata Jokowi di Istana Negara Jakarta,

Jokowi menyebutkan ke-5 orang itu ialah

  • Doktor Dokter HR Soeharto dari Jawa tengah,
  • KGPAA Paku Alam kedelapan dari DIY,
  • Dokter R Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat
  • Haji Salahudin bin Talabudin dari Maluku Utara,
  • KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat.

Bertepatan dengan itu, Jokowi sampaikan penegasan berkaitan riwayat kepahlawanan Bung Karno. Kepala negara memandang, perlu penegasan khususnya berkaitan MPRS No.33/MPRS/1967 mengenai pencabutan kekuasaan pemerintah negara dari Presiden Soekarno.

“Perlu kami tekankan jika ketentuan MPR No.1/MPR/2003 mengatakan jika TAP MPRS No.33/MPRS/1967 sebagai barisan ketentuan MPRS yang dipastikan tidak berlaku kembali dan tak perlu dilaksanakan perlakuan hukum selanjutnya, baik karena memiliki sifat final sudah ditarik ingin juga sudah dikerjakan,” terang Jokowi.

Jokowi pastikan, di tahun 1986 pemerintahan sudah menganugerahkan pahlawan proklamator ke Ir Soekarno dan pada tahun 2012 pemerintahan sudah menganugerahkan gelar pahlawan nasional ke Ir. Soekarno.

Bukti Pernyataan Negara

“Maknanya, Ir Soekarno sudah dipastikan penuhi persyaratan setia tidak mengkhianati negara dan bangsa yang disebut persyaratan penganugerahan gelar kepahlawanan,” percaya Jokowi.

Jokowi menyakan, ke-2 hal tersebut jadi bukti pernyataan dan penghormatan negara atas kesetiaan atas jasa Bung Karno pada negara dan bangsa.

“Hal tersebut jadi bukti ke Bung Karno baik sebagai pejuang dan proklamator kemerdekaan atau kepala negara ketika bangsa indonesia sedang berusaha membuat persatuan dan kedaultan negara,” Jokowi menandasi.

See also  Polisi Sebutkan Mahasiswa IPB Korban Pinjol Tergoda Mencari Uang Tambahan Jajan

Check Also

Gerindra-PKB Masih tetap Ingin Dirikan Sekber di tengah Rumor Perjodohan Prabowo-Ganjar

Gerindra-PKB Masih tetap Ingin Dirikan Sekber di tengah Rumor Perjodohan Prabowo-Ganjar Dalam kurun waktu dekat …