Juara Jakarta Marathon 2022, Odekta Elvina Naibaho: Modal ke SEA Games 2023 Di Kamboja

Juara Jakarta Marathon 2022, Odekta Elvina Naibaho: Modal ke SEA Games 2023 Di Kamboja

Pelari nasional Odekta Elvina Naibaho menjelaskan kemenangan di Jakarta Marathon 2022 jadi modal dalam penyiapan ke arah SEA Game 2023 di Kamboja.

Odekta jadi yang paling cepat dengan mencatat waktu 1 jam dan 17 menit dalam lomba nomor half marathon (21 km) yang berguling di tempat Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu.

Olahragawan binaan Badan Intelijen Negara (BIN) ini menjelaskan kesertaannya di Jakarta Marathon kesembilan ini, sebagai penyiapan untuk beberapa jadwal panggung olahraga yang hendak dituruti.

“Untuk periode pendek saya akan berlomba-lomba dan menyiapkan diri untuk SEA Game tahun depannya di Kamboja pada Mei. Lantas periode panjangnya saya menarget diri masuk di tim Asian Game. Semoga sasaran itu dapat terwujud. Ini jadi try out saya,” kata Odekta sehabis lomba.

Odekta akui benar-benar nikmati gelaran maraton yang diadakan oleh Pemerintah provinsi lewat Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta itu.
Ia menyembahkan kemenangan di Jakarta Marathon 2022 untuk BIN, sebagai lembaga yang sudah membinanya untuk dapat berprestasi.

“Prestasi ini saya sembahkan untuk pelatih dan keluarga, lalu ke Kepala BIN, Profesor Doktor Budi Gunawan yang sudah membangun kami. Kami sembahkan medali ini untuk bapak. Lantas untuk Deputi ll BIN, Bapak Edmil Nurjamil yang sudah memberi suportnya yang hebat buat kami. Itu jadi energi yang paling positif buat saya,” tutur Odekta.

Odekta menghargai diselenggarakannya kembali Jakarta Marathon sesudah 2 tahun vakum karena wabah COVID-19. Menurut dia, Jakarta Marathon benar-benar pas jadi tempat untuk warga yang ingin salurkan ketertarikan dan minatnya pada olahraga maraton.

See also  Dody Prawiranegara Berjumpa LPSK, Adriel: Minta Pejabat Negeri, Teddy Minahasa Masih Jenderal Aktif

Walau demikian, Odekta masih tetap memberi beberapa saran pada moment yang dituruti belasan ribu peserta ini. Menurut dia, ada banyak persoalan tehnis yang perlu diperbarui untuk tingkatkan kenyamanan untuk beberapa peserta saat bersaing.

“Masih tetap ada beberapa masalah, satu diantaranya tidak ada plang panduan km, lalu umum terjadi crowdid yang membuat kita kesusahan jika ambil minum. Saya harap beberapa hal itu dapat dipelajari yang akan datang. Agar angkatan-generasi muda dapat terpacu untuk turut olahraga lari di Jakarta ini,” ucapnya.

Melihat semangat hebat dari beberapa anak muda pada lomba maraton ini, Odekta memberi pesan supaya beberapa anak muda tidak sekedar hanya berlomba-lomba sama-sama cepat saat lakukan maraton.

Menurut dia, beberapa hal yang perlu jadi perhatian jika ingin serius menekuni olahraga maraton. Dimulai dari management waktu istirahat, pemanasan sebelum dan setelah laga, sampai management minum saat tengah lari.

Dalam pada itu, salah satunya pembimbing Odekta di BIN, Arifin Abdullah menjelaskan, dianya benar-benar senang dengan perolehan Odekta sebagai juara pertama kali dalam kelompok half marathon di Jakarta Marathon 2022. Menurut dia, hasil itu memperlihatkan kerja hasil keras dari latihan Odekta yang disebut pelari nasional.

“Kami sangat berbahagia dengan prestasi Odekta. Sama waktu dan kecepatannya, ia dapat sampai di saat 1 (jam), 17 (menit). Ini ialah pengabdian ia sebagai pelari nasional. Ini dapat menghitung atas sesuatu yang ia kerjakan. Ia ada juga pelatih untuk mendukung persiapan ia untuk hadapi beberapa turnamen yang hendak ia temui di depan,” kata Arifin.

Arifin mengharap Odekta tetap tingkatkan kekuatannya, untuk memudahkan dianya capai sasaran mendapatkan emas pada SEA Game 2023 di Kamboja.

See also  Wanda Hamidah versus Japto Pemuda Pancasila, Sekjen PP Sangkal Petugas Salah Alamat

“Saya sebagai salah satunya pembimbingnya di BIN, memberinya program untuk mengawasi perubahannya. Kami rajut komunikasi yang bagus dengan pelatih pribadinya, kami selalu komunikasi bagaimana keadaannya (Odekta). Kami sasarannya ia dapat raih medali emas pada SEA Game Kamboja,” katanya.

Untuk dipahami, sepanjang menekuni olahraga lari, Odekta berkali-kali memenangkan dan memperoleh medali emas di sejumlah gelaran berprestise baik tingkat Nasional atau Internasional. SEA Game 2021 (2022) menjadi satu diantara yang paling spektakuler, saat itu Odekta sukses berdiri di tribune paling tinggi maraton putri sesudah menuntaskan perlombaan sepanjang 42 km dalam kurun waktu 2 jam 25 menit 8 detik.

 

Check Also

5 Kesaksian Terang-terangan Bharada E di Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua

5 Kesaksian Terang-terangan Bharada E di Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua Richard Eliezer Pudihang Lumiu …