Kementerian PUPR Membangun jaringan Sistem Penyediaan Air Minum di Lombok, Nilai Proyek Rp 30,8 Miliar

Kementerian PUPR Membangun jaringan Sistem Penyediaan Air Minum di Lombok, Nilai Proyek Rp 30,8 Miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuat jaringan sistem penyediaan air minum (SPAM) di tujuan super prioritas Lombok-Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Pembangunan ini mulai ditangani di Kecamatan Sembalun untuk memberikan dukungan layanan air bersih perpipaan di kawasan pariwisata Geopark Rinjani, Kabupaten Lombok Timur.

“Support infrastruktur pada tiap kawasan DPSP (destinasi super prioritas) diperkirakan secara terintegrasi baik pengaturan kawasan, jalan, pengendalian sampah, sanitasi, pembaruan tempat tinggal warga, terhitung pengadaan air baku dan air bersih lewat sebuah gagasan induk pembangunan infrastruktur,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono lewat info tercatat.

Konstruksi SPAM Indonesia Tourism Development Project (ITDP) Sembalun mulai ditangani pasca-penandatanganan kontrak pembangunan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTB dengan Penyedia Jasa Konstruksi PT. Parama Adhi Pratama – PT. Galatama (KSO) pada 14 November 2022. Tugas dikerjakan sepanjang 360 hari kalender. Nilai kontrak project ini capai Rp 30,8 miliar.

Adapun cakupan tugas pembangunan SPAM ITDP Sembalun mencakup tugas broncaptering, bak pengumpul, bak pelepas pencet (BPT), pipa transmisi, jembatan seling, reservoir kemampuan 600 mtr. kubik, pagar BRC reservoir, pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU). Selanjutnya, jembatan pipa distribusi, pelintasan siphon distribusi, pipa Jaringan Distribusi Bagi (JDB), dan sambungan rumah (SR).

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah NTB Ika Sri Rezeki menjelaskan diawalinya tugas SPAM ITDP Sembalun bisa memberi keinginan baru untuk warga. Karena awalnya, saat musim kemarau, masyarakat kesusahan memperoleh air dengan beli bak air.

“Keperluan air minum Kecamatan Sembalun sejumlah 30,2 ltr per detik pada 2030 untuk 3.157 SR. Pelayanan air minum eksisting lewat sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan SPAM Pedesaan belum sanggup melayani 18.000 jiwa di Kecamatan Sembalun,” katanya.

See also  KPK Peringatan Dito Mahendra Hadiri Pengecekan Kasus Pencucian Uang

Sri juga mengharap SPAM ITDP Sembalun bisa penuhi layanan air minum perpipaan untuk 3.157 SR atau sama dengan 15.785 jiwa yang tinggal di lima dusun, Kecamatan Sembalun, yaitu Dusun Sembalun Bumbung, Sembalun Lawang, Timba Gading, Sembalun, dan Sajang. Adapun jaringan perpiaan SPAM ITDP Sembalun jalur pendakian Gunung Rinjani memiliki jarak 95 km dari Kota Mataram atau bisa dilakukan sekitaran 3 jam lewat jalur darat.

Sri menambah, awalnya sudah dilaksanakan penandatanganan kontrak tugas optimasi SPAM ITDP Senaru di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, oleh BPPW NTB dengan kontraktor pada 18 Oktober 2022. Support infrastruktur itu salah satunya berbentuk pembangunan intake, pipa transmisi, tugas konstruksi IPA Kemampuan 20 liter/detik, reservoir sejumlah 700 mtr. kubik, sejumlah 500 mtr. kubik (dua unit), dan sejumlah 250 mtr. kubik, rumah menjaga, pekerjaan Sludge Drying Bed (SDB), bangunan tempat tinggal genset, dan jaringan distribusi utama.

“Kami berharap SPAM ITDP Senaru bisa penuhi layanan air minum perpipaan untuk Dusun Senaru, Karang Bajo, Bayan, Loloan, Sambik Elen, Baru, dan Sukadana di Kecamatan Bayan,” katanya.

 

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …