Koalisi Penunjang Anies Baswedan Belum Dideklarasikan, PKS: Fondasi Dahulu Diperkokoh

Koalisi Penunjang Anies Baswedan Belum Dideklarasikan, PKS: Fondasi Dahulu Diperkokoh

Koalisi partai penyokong Anies Baswedan sebagai capres sampai sekarang tidak ada pertanda akan selekasnya dideklarasikan. Awalnya Partai NasDem usul ke ke-2 partai yang lain yakni PKS dan Partai Demokrat untuk maklumat pada 10 November 2022. Terakhir, baik PKS dan Demokrat belum menyetujui tanggal itu.

Maklumat koalisi penunjang Anies untuk Pemilihan presiden 2024 ini belum juga dapat dikeluarkan karena, kata Jubir PKS Muhammad Kholid ada empat hal yang masih diulas oleh tim kecil ke-3 partai.

Empat hal tersebut ialah basis perjuangan design pemerintah di depan, taktik pemenangan, dan pasangan capres dan cawapres.

“Kami melihat jika koalisi harus tercipta dengan ide yang utuh, tidak asal memberikan dukungan dan mengangkat tapi ada kemiripan pandang,” kata Kholid saat dikontak.

Ia mengatakan peristiwa maklumat akan ikuti bila ke-4 hal itu telah disetujui. Menurut Kholid, bila tim kecil ke-3 partai belum sampai pada kata setuju, karena itu fondasi koalisi setiap saat dapat labil.

“Kami melihat jika persetujuan itu belum habis, kelak fondasi koalisi akan kurang kuat . Maka fondasi koalisi dahulu diperkokoh saat sebelum maklumat,” katanya.

Menurut Kholid, bila empat tugas rumah itu bisa diselesaikan, karena itu kutub koalisi akan makin kompak. Adapun bila saat maklumat ada sesuatu hal yang perlu dimatangkan kembali, karena itu karakternya cuma lengkapi atau memperbaiki.

“Kami melihat lebih bagus koridor besar persetujuan diselesaikan saat sebelum maklumat. Itu akan membuat kutub koalisi ini akan kompak. Jika kelak pascadeklarasi memerlukan pematangan kembali, itu karakternya lengkapi dan memperbaiki, yang pokok-pokok dahulu saja diselesaikan,” katanya.

Awalnya, Partai NasDem menyarankan maklumat koalisi diadakan pada 10 November 2022 kedepan. Tanggal ini bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan dan pas satu hari saat sebelum ulang tahun Partai NasDem pada 11 November.

See also  Bendung Katulampa Siaga 3: Jakarta, Depok, Bekasi Hati-hati Banjir

Tetapi, maklumat koalisi ini terancam mundur. Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, menyebutkan Partai Demokrat dan PKS tidak siap.

“Kayanya tidak siap (10 November). Demokrat dan PKS tidak siap,” kata Ali.

Walau begitu, Ali memperjelas bila mundurnya tanggal maklumat bukan signal ada perpecahan di internal koalisi. Menurutnya, ini hanya dinamika internal setiap partai.

“Itu bukan signal perpecahan. Bukan signal ada masalah, tetapi cuma dinamika setiap internal partai,” katanya.

Check Also

Gerindra-PKB Masih tetap Ingin Dirikan Sekber di tengah Rumor Perjodohan Prabowo-Ganjar

Gerindra-PKB Masih tetap Ingin Dirikan Sekber di tengah Rumor Perjodohan Prabowo-Ganjar Dalam kurun waktu dekat …