LBH Medan Kritikan Polrestabes Medan Terima Laporan Sukarelawan Bobby Nasution Masalah Pencemaran Nama Baik

LBH Medan Kritikan Polrestabes Medan Terima Laporan Sukarelawan Bobby Nasution Masalah Pencemaran Nama Baik

Kepolisian Resor Kota Besar atau Polrestabes Medan, Sumatera Utara, terima laporan sangkaan pencemaran nama baik Wali Kota Medan Bobby Nasution dan istri , Kahiyang Ayu, di sosial media. Cara barusan dikritisi Lembaga Bantuan Hukum atau LBH Medan karena pelapor bukan pihak Bobby. Tetapi sukarelawannya pada Pemilihan kepala daerah 2020, yaitu Bersama Kita Bobby Aulia Rahman atau Berkibar.

“Sebagai kritik kita ialah yang memberikan laporan account itu bukan Bobby atau istrinya. Tetapi, sukarelawan simpatisannya di Pemilihan kepala daerah, yakni Berkibar,” kata Advokat Publik LBH Medan, Maswan Tambak lewat tayangan jurnalis tercatat, Senin, 7 November 2022.

Maswan menerangkan, kasus ini pertama kalinya dijumpainya, pada 6 November 2022. Judulnya ‘Relawan Polisikan Account IG Masalah Pencemaran Nama Baik Bobby-Kahiyang’. Dalam informasi itu, account Instagram @Martha_pt283 disampaikan ke Polrestabes Medan. Pemilik account diperhitungkan sudah lakukan pencemaran nama baik menantu dan putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

Menurut Maswan, cara Polrestabes Medan terima laporan aduan yang bukan langsung oleh korban malah menambahkan daftar kekeliruan Polri. Apa lagi, terakhir keyakinan warga pada Polri tengah turun. Semestinya, katanya, kekeliruan Polri dalam jalankan wewenang semacam ini tidak ada. “Semestinya kekeliruan jalankan wewenang semacam ini tidak ada,” ucapnya.

Cara Polrestabes Medan kata Maswan, berlawanan dengan keputusan bersama Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo, Beskal Agung, dan Kapolri Nomor 229 Tahun 2021, Nomor 154 Tahun 2021, Nomor KB/2/VI/2021. Berdasar keputusan itu, semestinya korban yang menyampaikan ke aparatur berkaitan pencemaran nama baik yang menerpa dianya. Terkecuali, korban sebagai anak di bawah usia atau dalam perwalian.

See also  4 Jenis Makanan untuk Kesehatan Mata, Bukan Hanya Wortel

“Berdasar keputusan itu, semestinya korban sendiri yang menyampaikan ke aparatur penegak hukum, terkecuali dalam soal korban masih di bawah usia atau dalam perwalian,” katanya.

Menurut Maswan, pencemaran nama baik lewat account Instagram memang ada elemen pidana. Tapi Polrestabes Medan dipandang salah jika terima laporan itu. Jika dilihat berdasar keputusan pemerintah. Marwan menjelaskan, Tidak boleh s/d diterimanya laporan itu, malah memunculkan simpang-siur opini pada proses hukum di kepolisian. Dicemaskan yang akan datang mungkin dapat menambahkan banyak laporan oleh orang yang tidak mempunyai posisi hukum.

“Bila itu terjadi akan berlawanan dengan semangat penegakan hukum yang dibuat lewat Surat Keputusan Bersama di atas,” kata Maswan.

 

Check Also

Pemeliharaan Sungai Ciliwung Dapat Jadi Ukuran Perawatan Sungai Lain di Indonesia

Pemeliharaan Sungai Ciliwung Dapat Jadi Ukuran Perawatan Sungai Lain di Indonesia Menteri Pekerjaan Umum dan …