Luhut Pandjaitan Sebutkan Penyiapan KTT G20 Nyaris 100 %

Luhut Pandjaitan Sebutkan Penyiapan KTT G20 Nyaris 100 %

Ketua Bidang Support Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penyiapan menyongsong KTT G20 yang hendak diadakan di Bali pada 15-16 November 2022, hampir 100 %.

“Mulai esok 13 November 2022 kita telah bekerja penuh dan semua acara KTT G20 akan diawali, dengan kehadiran beberapa kepala negara dan delegasi,” kata Luhut dalam konferensi jurnalis mendekati KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

Mengangkat konsep inklusivitas, KTT G20 di bawah kepimpinan Indonesia tahun ini akan mengikutsertakan 17 kepala negara/pemerintah dan 3.443 delegasi.

Pimpinan negara G20 yang sudah memverifikasi hadirnya dalam KTT ialah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Prancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

Sementara kepala negara/pemerintah dari Rusia, Brazil, dan Meksiko mengatakan tidak bisa datang.

Disamping itu, bila dipertambah keterlibatan dari penopang kebutuhan yang lain seperti pebisnis, tim simpatisan delegasi sah, LSM, utusan lembaga internasional, reporter, pemerhati, karena itu diprediksi lebih dari 12.750 orang turut serta dalam ajang KTT G20.

Dari sisi pengamanan, Luhut memperjelas jika Indonesia sudah eksper dalam mengadakan acara internasional, hingga segala hal sudah disiapkan sama sesuai standard internasional. “Pengamanan tidak ada rumor. Koordinir dengan pasukan pengamanan khusus dari beragam negara berjalan baik,” tutur ia.

Luhut juga meminta support warga Indonesia, terutamanya warga Bali, untuk ikut jaga keteraturan mendekati dan sepanjang KTT G20.

 

See also  Jokowi Senang Australia Support KTT G20 Bali

Check Also

5 Kesaksian Terang-terangan Bharada E di Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua

5 Kesaksian Terang-terangan Bharada E di Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua Richard Eliezer Pudihang Lumiu …