Lumajang Tentukan 14 Hari Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Semeru

Lumajang Tentukan 14 Hari Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Semeru

Bupati Lumajang Thoriqul Haq sudah memutuskan periode tanggap darurat sepanjang 14 hari saat bencana awan panas luruhan (APG) Gunung Semeru yang terjadi Ahad, 4 Desember 2022. Periode tanggap darurat itu terhitung semenjak peristiwa APG, Ahad kemarin.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi sudah memutuskan status gunung semeru naik jadi Awas tingkat IV. Dengan kenaikan status itu, warga yang ada di zona merah disuruh untuk kosongkan tempat dan mengevakuasi diri di posko evakuasi yang sudah disiapkan.

“Searah dengan kenaikan status kegiatan gunung semeru jadi awas, saya sudah memerintah semua OPD sesuai tugas dan perannya untuk mengkonsolidasi beberapa pengungsi yang menyebar di sejumlah tempat dan penebarannya lebih luas,” tutur Bupati Lumajang Thoriqul.

Ihwal peluang ada korban, dia menjelaskan tidak ada laporan jumlah korban atau laporan kehilangan dari warga.

“Kami belum memperoleh laporan korban, cuma beberapa yang perlu diatasi tim medis. Ada bayi usia beberapa waktu, tapi telah memperoleh pengatasan medis di puskesmas,” terangnya.

“Tempat tinggal relokasi aman, tidak ikuti saluran lahar. Saluran laharnya tidak ke Sumbermujur, tetapi lewat Supiturang, Curahkobokan, Kamar Kajang dan Bondeli,” bebernya.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati sampaikan jika kawasan relokasi Bumi Semeru Damai (BSD) di Dusun Sumbermujur Kecamatan Candipuro bukan zona merah. Bila terjadi APG Gunung Semeru, kawasan relokasi BSD, cuma terdampak material debu vulkanik.

Beberapa masyarakat telah kembali lagi ke rumah
Beberapa masyarakat yang saat sebelum sempat tinggalkan tempat relokasi, telah kembali lagi ke rumah masing-masing yang ada di kawasan relokasi BSD. Ini ingat kegiatan Gunung Semeru berangsur lebih baik saat APG Ahad kemarin.

See also  Daftar 4 Buron KPK yang Masih Hisap Udara Bebas

“Bapak ibu tak perlu takut tempat tinggalnya yang di relokasi, pemerintahan telah menimbang lokasi relokasi. Tidak boleh cemas, keadaannya telah aman, beberapa yang tinggal di relokasi telah kembali lagi ke tempat tinggalnya,” katanya.

 

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …