Menaker Perkiraan Perekonomian Indonesia Tumbuh Positif Jauh Dari Resesi

Menaker Perkiraan Perekonomian Indonesia Tumbuh Positif Jauh Dari Resesi

Resesi ekonomi secara global berpengaruh pada perekonomian di negara terhitung Indonesia. Meskipun begitu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memprediksi keadaan perekonomian Indonesia tumbuh positif.

“Kita mengucapkan syukur karena perekonomian indonesia meskipun terimbas, diprediksi akan tumbuh positif saat keadaan wabah COVID-19,” katanya dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR.

Dia memandang saat keadaan wabah yang parah Indonesia sanggup menanganinya. Apa lagi pada keadaan sekarang ini yang tidak separah waktu wabah.

Ida Fauziyah menguraikan perkembangan ekonomi indonesia relatif terbangun, berdasar scenario resesi di negara maju.

“Perkembangan ekonomi Indonesia 6,21 % ditambahkan tahun 2025, jika tahun 2023 pada keadaan scenario negara maju alami resesi tahun 2003 itu 3,77 % pada keadaan yang relatif normal, karena itu diprediksi perkembangan ekonomi kita 4,68 %,” katanya.

Menaker meramalkan konsumsi lokal masih tetap tumbuh dan inflasi teratasi walau dunia alami resesi. “Konsumsi warga Indonesia dalam scenario resesi negara maju, konsumsi kita 6,37 % jika dilihat dari keadaan normal 6,25 %, inflasi kita pada tahun 2023 diprediksi pada keadaan negara maju alami resesi itu 5,69 %, bila keadaan yang normal 5,21 %,” katanya.

Di tahun 2022 ini, pemerintah memprediksi pergerakan inflasi 4,86 %, sementara keadaan negara maju alami resesi.

Ida Fauziah menjelaskan imbas resesi negara maju pada tahun 2022 – 0,06 % selanjutnya pada tahun 2023 -1,07 %, tahun 2024 diprediksi – 0,34 %.

“Kita harus mengucapkan syukur jika perkembangan ekonomi Indonesia diprediksi tetap tumbuh positif dibanding keadaan wabah covid 19, saya anggap ini kabar bahagia untuk membuat kepercayaan diri kita,” papar Ida Fauziyah. “Walau masih percaya diri, tetapi tetap pemerintah perlu lakukan taktik dan perlu mempersiapkan cara hadapi keadaan ekonomi,” sambungnya.

See also  Basuki Hadimuljono Yakinkan TKDN Proyek Kementerian PUPR Minimum 80 %

 

Check Also

Pemeliharaan Sungai Ciliwung Dapat Jadi Ukuran Perawatan Sungai Lain di Indonesia

Pemeliharaan Sungai Ciliwung Dapat Jadi Ukuran Perawatan Sungai Lain di Indonesia Menteri Pekerjaan Umum dan …