Menuntut Gaji Naik 13 %, Demonstrasi Buruh Hidupkan Smoke Bomb di Patung Kuda

Menuntut Gaji Naik 13 %, Demonstrasi Buruh Hidupkan Smoke Bomb di Patung Kuda

Beberapa ribu buruh kembali melangsungkan tindakan demonstrasi di Patung Kuda, Jakarta. Salah satunya tuntutan demonstrasi buruh ialah minta peningkatan gaji di tahun 2023. “Kami meminta naik gaji sejumlah 13 %,” kata Bais, salah satunya orator dari Partai Buruh.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal, menjelaskan jika peningkatan 13 % disebabkan karena perkiraan inflasi menurut Litbang yang capai 6,5 % sesudah peningkatan BBM, ditambahkan kemajuan ekonomi sejumlah 4,9 % dengan keseluruhan jadi 11,5 %. Dia menyebutkan peningkatan harga BBM harus juga disertai dengan peningkatan gaji karyawan.

“3 tahun tidak naik gaji karena omnibus law,” ungkapkan Said.

Adapun di antara pengutaraan opini oleh beberapa orator, mereka tembakkan smoke bomb ke langit. Beberapa lagu pembangkit semangat digaungkan sampai massa demonstrasi melonjak penuh semangat.

Selainnya menuntut peningkatan gaji minimal, massa buruh yang terbagi dalam petani, nelayan, guru, sampai ojek online ini bawa 6 tuntutan lain, salah satunya:

1. Tolak peningkatan harga BBM
2. Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
3. Naikkan UMK/P tahun 2023 sejumlah 13 %
4. Tolah PHK besar di tengah-tengah ancaman resesi global
5. Reforma Agraria
6. Sahkan RUU PRRT

Mereka memperjelas jika akan ada tindakan yang lebih besar bila tuntutan itu tetap tidak didengarkan oleh pemerintah. “Jika ini hari, beberapa hari di depan pemerintah tidak mengganti peraturannya, mengganti ketetapannya, kami akan lakukan beberapa aksi yang lebih besar,” tegas Bais.

 

See also  Ridwan Kamil: Bila Lahan SDN Pondokcina 1 Belum Clean and Clear, Pembangunan Masjid Dapat Gagal

Check Also

Kementerian PUPR Membangun jaringan Sistem Penyediaan Air Minum di Lombok, Nilai Proyek Rp 30,8 Miliar

Kementerian PUPR Membangun jaringan Sistem Penyediaan Air Minum di Lombok, Nilai Proyek Rp 30,8 Miliar …