Narasi Orang-tua Bharada E Saat Dijemput Brimob di Awalnya Kasus Pembunuhan Brigadir J Mulai Tersingkap

Narasi Orang-tua Bharada E Saat Dijemput Brimob di Awalnya Kasus Pembunuhan Brigadir J Mulai Tersingkap

Orang-tua Richard Eliezer atau Bharada E, Sunandag Yunus Lumiu dan Rineke Alma Pudihang menceritakan bagaimana mereka dijemput oleh Brimob saat kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat mulai tersingkap.

Rineke mengutarakan, mereka dijemput di tempat tinggal mereka di Manado untuk ditaruh di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. “Kita dijemput dari Brimob tanggal 20 Juli (2022).

Kita dijemput dan dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua untuk keamanan,” kata Rineke pada acara Rossi di Kompas TV, diambil Kompas.com, Jumat.

Rineke menerangkan, waktu itu argumen penjemputan mereka berdua karena beberapa foto famili dekat Richard Eliezer mulai menyebar.

Dia lalu bersyukur dapat dijemput oleh Brimob karena waktu itu Richard Eliezer juga ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua. “Sehingga kita mengucapkan syukur karena dijemput Brimob dan dibawa langsung hari itu tanggal 20, dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua karena Richard juga ditahan ke situ,” tutur Rineke.

Saat interviu Rossi itu, Rineke dan Yunus menceritakan kapan paling akhir berjumpa anak bungsunya itu. Rineke menjelaskan, Richard Eliezer sempat ajak mereka berdua jalanan ke Jakarta dan Bali pada April 2022.

Tersebut penyebabnya ke-2 nya tidak menduga kejadian yang mengikutsertakan anaknya itu demikian besar karena baru saja mereka berjumpa Richard Eliezer pada keadaan baik saja.

Awalnya, orang-tua Richard Eliezer baru mengetahui anak mereka turut serta kasus kematian Brigadir J pada 12 Juli 2022, atau empat hari sesudah Brigadir J meninggal.

Dijumpai, Richard Eliezer sebagai satu dari 5 terdakwa dalam kasus pembunuhan merencanakan Brigadir J yang terjadi di dalam rumah dinas Kadiv Propam Polri di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Richard Eliezer tembak Brigadir J atas perintah bekas Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

See also  Loket Stasiun Dirusak Calon Penumpang, PT KAI Akan Proses Pelaku Secara Hukum

Kejadian pembunuhan Brigadir J disebutkan terjadi sesudah Putri Candrawathi akui dilecehkan Brigadir J di Magelang. Selanjutnya, Ferdy Sambo geram dan berencana pembunuhan pada Brigadir J yang mengikutsertakan Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf.

Pada akhirnya, Brigadir J meninggal di dalam rumah dinas Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022.

Atas tindakannya, Richard Eliezer, dituduh menyalahi Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 56 ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Dia terancam pidana optimal hukuman mati, penjara sepanjang umur atau selamanya 20 tahun.

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …