Panjang Fiber Optik RI 460 Ribu Km, Johnny Plate: Sama dengan 11 Kali Memutari Bumi

Panjang Fiber Optik RI 460 Ribu Km, Johnny Plate: Sama dengan 11 Kali Memutari Bumi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Plate menjelaskan jika jaringan kabel fiber optik di Indonesia yang telah dipasang sejauh 460 ribu km. Aliran transmisi itu terpasang untuk menyambungkan jaringan telekomunikasi secara nasional atau internasional.

“Penggelaran fiber optik di darat dan di laut sekarang ini di Indonesia panjangnya 460.000 km. Itu sama dengan 11 kali memutari bumi, panjang sekali. Cukup? Rupanya belumlah cukup,” tutur ia di Hotel The Ritz-Carlton, Jakarta Selatan.

Sekarang ini, kata Johnny, Kominfo sedang menyiapkan program untuk menyambungkan jaringan fiber optik. Ia menjelaskan masih tetap ada 12 ribu km yang hendak disambungkan dengan semua beberapa titik fiber optik yang telah ada. “Ini buat apa? Fiber optik ini ialah broadband facility, sarana pita lebar seperti jalan tol,” sebut ia.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem itu menganalogikan kabel fiber optik itu ibarat jalan untuk kendaraan. Bila tidak ada jalan, kendaraan itu dapat macet dan terganggu. “Demikian juga dengan fiber optik, flow data. Memerlukan pita yang besar, itu ialah fiber optik yang tak terbatas besarannya,” papar Johnny.

Kominfo, kata Johnny, sedang menyambungkan titik-titiknya untuk connecting atau network connection. Tetapi, ia menambah, jaringan nasional dan lokal tidak cukup, hingga harus tersambung dengan dunia.

Johnny juga menjelaskan sekarang ini ada sekitaran empat titik jaringan Indonesia dengan dunia. Pertama titik jaringan yang menyambungkan Batam dan Singapura, ke-2 lewat Manado-Tokyo-Hong Kong, ke-3 lewat Jayapura-Tokyo dan tersambung dengan Pantai Barat Amerika.

“Ke-4, kita sekarang ini telah mempunyai lajur selatan, Kupang- Perth-Australia-New Zealand dan dari Perth ke Cile-Amerika sisi selatan yang masuk langsung tersambung di network fiber optik Benua Amerika,” kata Johnny.

See also  Peruntukan Subsidi Ticket Transjakarta di APBD DKI 2023 Dikurangkan Rp 409 Miliar, Untuk Mobil Dinas Polri dan TNI

Disamping itu, menurut Johnny Plate, Indonesia perlu buka lajur fiber optik baru di Sumatera tak perlu harus lewat Singapura, tetapi seberang ke India, Timur tengah dan Eropa. “Untuk Global connection network Indonesia.”

 

Check Also

16 Hari Kampanye Anti-Kekerasan pada Perempuan dan Anak, DKI Buat Ruang Aman

16 Hari Kampanye Anti-Kekerasan pada Perempuan dan Anak, DKI Buat Ruang Aman Dinas Pemberdayaan, Perlindungan …