Pembuatan Tebing Kali Pesanggrahan untuk Pengatasan Banjir Dibujetkan Rp 40 Miliar

Pembuatan Tebing Kali Pesanggrahan untuk Pengatasan Banjir Dibujetkan Rp 40 Miliar

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Yusmada Faizal akan perkuat tebing di Kali Pesanggrahan, Jakarta Barat, untuk percepat program pengatasan banjir Jakarta. Usaha perkuat tebing sungai itu akan memakai bujet konstruksi Rp40 miliar.

“Untuk sejauh 1.400 mtr., lebar eksisting 15-20 mtr.,” kata Yusmada saat menemani Pj Gubernur Heru Budi Hartono di Pesanggrahan, Jakarta Barat.

Yusmada menjelaskan Pemerintah provinsi DKI memiliki komitmen jalankan normalisasi 13 sungai, khususnya di lima sungai besar yang berada di wilayah Jakarta, yakni Pesanggrahan, Angke, Sunter, Ciliwung, dan Jatikramat.

“Sesuai loyalitas Pak Presiden untuk dinormalkan. Dinormalkan satu diantaranya dengan perkuat tanggul-tanggul kali, baik dengan konstruksi sheet pile, bronjong dan sebagainya,” katanya.

Bila jalan sama sesuai gagasan, project perkokohan tebing Kali Pesanggrahan diprediksikan usai pada Maret atau April 2023. “Untuk status ini kita meminta ijin Pj Gubernur supaya masyarakat dapat melakukan ini sejauh 1.400 mtr. sejauh dari tol sampai Puri Kembangan,” katanya.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membagikan dana pembangunan tebing kali di empat lokasi Rp135 miliar sebagai jalan keluar penuntasan permasalahan banjir di Ibu Kota.

“Memeriksa keadaan Kali Pesanggrahan yang kelak pada 2023 kita amankan salah satunya tempat yang kerap banjir,” kata Heru Budi.

Heru menjelaskan, pembuatan tebing Kali pesanggarahan gagasannya dibangung sejauh 1.400 mtr. dengan rinician 795 mtr. segi timur dan 605 mtr. segi barat.

“Tempat di sini dari tol sampai lampu merah sana itu dapat kurangi banjir dan tentu saja imbas kemacetan jalan raya saat keadaan banjir,” katanya.

Disekitaran lokasi pembuatan tebing Kali Pesanggrahan itu seringkali tergenangi banjir. Diharap dengan dibuatnya tebing ini kali bisa menangani kubangan banjir di Jalan Briti dan Kelurahan Kedoya Selatan.

See also  Bercakap Pelantikan, Heru Budi Hartono: Pak Anies Baswedan Ingin Belikan Saya Sepatu

Adapun untuk empat lokasi yang hendak dibuat pengokohan tebing kali, yakni Kali Pesanggarahan; Kalibaru Timur (HEK); Kali Sunter (Otlet Pompa Pulomas); dan Kali Krukut (Kemang). Pembangunan fisik ditargetnya selesai di akhir 2023.

Heru Budi meminta warga di empat lokasi itu siap menolong program pengatasan banjir itu. Ia menghimbau masyarakat di tempat yang terimbas project pembuatan tebing itu siap direlokasi. “Tentu saja kan ada bangunan yang terserang,” katanya.

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …