Pemeliharaan Sungai Ciliwung Dapat Jadi Ukuran Perawatan Sungai Lain di Indonesia

Pemeliharaan Sungai Ciliwung Dapat Jadi Ukuran Perawatan Sungai Lain di Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan perawatan Sungai Ciliwung bisa saja parameter perawatan sungai yang lain di semua Indonesia. Ia mengharap itu bisa diwujudkankan dengan kepedulian bersama dalam jaga kebersihan.

“Kita beres-beres Ciliwung agar salah satu sungai yang besar melalui Jakarta dapat digunakan oleh warga dan benar-benar berguna untuk kita. Perawatan Ciliwung ini menjadi acuan dalam jaga sungai-sungai di semua Indonesia,” tutur Basuki di Dusun Atas.

Dalam kesempatan kali ini, Basuki didampingi Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memberikan sepatan kata di Festival Dayung Ciliwung. Menteri PUPR itu menjelaskan arah acara ini untuk mengingati supaya kebersihan sungai itu dijaga bersama.

“Saya barusan bersama Pak Pj Gubernur telusuri Sungai Ciliwung. Meskipun cuma 2 km, tetapi arah kami tidak untuk mempopulerkan olahraga dayung, tapi juga selalu untuk memiara Ciliwung,” kata Basuki.

Heru Budi Hartono menghimbau supaya warga tidak buang sampah asal-asalan ke sungai. Kali Ciliwung dipandang seperti asset penting yang perlu dijaga bersama.

Disamping itu supaya perannya untuk mengatasi banjir Jakarta dapat optimal. “Pokoknya ialah agar kita sadar Kali Ciliwung harus kita rawat dan tentu saja harus kita benahi, satu diantaranya untuk penanggulangan banjir dan disamping itu perannya untuk olahraga, selingan, dan sebagainya,” papar Heru Budi.

Festival Dayung Ciliwung diinisiasi oleh Persatuan Olahraga Dayung Semua Indonesia dalam rencana menerbitkan Kejuaraan Nasional Cabang Olahraga Dayung Tahun 2022 di Situ Cipule Karawang, Jawa Barat. Persaingan itu akan diadakan di tanggal 8 sampai 20 Desember 2022.

 

See also  Sehat saat Krisis, Pegadaian Capai Penghargaan Hebat BUMN 2022

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …