Polisi Ungkapkan Sosok Menguasai di Keluarga yang Wafat di Kalideres

Polisi Ungkapkan Sosok Menguasai di Keluarga yang Wafat di Kalideres

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi umumkan perubahan terkini kasus kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat. Menurut dia ada satu bagian keluarga yang condong menguasai dan diperhitungkan lakukan satu ritual.

“Ada kecondongan salah satunya yang menguasai, yang ke arah ke alm Budyanto, jika yang berkaitan mempunyai sikap positif pada kegiatan ritual tertentu,” kata Hengki dalam penjelasannya.

Menurutnya, sosok Budyanto Gunawan punya pengaruh dalam mekanisme keyakinan keluarga itu untuk menangani permasalahan yang terjadi. Ada ritual diperhitungkan dilaksanakan olehnya untuk menuntaskan masalah keluarga itu.

Bukti yang mengarah pada sangkaan itu ialah ada beberapa buku lintasi agama, buku mantra, dan kemenyan. “Oleh karena itu, kami akan mengundang pakar Sosiologi Agama, untuk lakukan analisis selanjutnya pada tulisan yang berada di dalam buku, dan hubungan dengan penemuan tapak jejak beberapa benda di TKP,” katanya.

Hengki menjelaskan pemicu kematian sekeluarga ini masih ditelaah oleh tim dokter forensik. Pola psikis mereka saat hidup sedang ditelurusi dengan cari hubungan beragam penemuan yang didapatkan di tempat kejadian perkara (TKP).

Disamping itu, tim Asosiasi Psikologi Forensik masih mempelajari pola psikis kematian lewat otopsi psikis. Scientific crime investigation sering jadi referensi atau sistem pembuktian utama,” papar Hengki.

Kasus ini berawal dari penemuan empat mayat di rumah Block AC5/7 Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis, 10 November 2022. Mereka ialah Rudyanto Gunawan (71 tahun) dan istrinya, Renny Margaretha Gunawan (68 tahun) dan putri mereka, Dian Febbyana Apsari Dewi (42 tahun), dan adik Rudyanto, Budyanto Gunawan (68 tahun).

See also  Selesai Penemuan Mayat di Kalideres, RT-RW Disuruh Mendekati Tetangga yang Tertutup

Di saat diketemukan, jasad Renny ada di kasur kamar depan, dan anaknya ada di kasur lipat. Budyanto diketemukan di ruangan tamu dekat pintu depan rumah dengan status terkapar dari sisi sofa, dan Rudyanto ada dalam kamar belakang.

Tanda bukti yang diambil alih kepolisian dalam kasus kematian sekeluarga di Kalideres selama ini ialah 2 buah smartphone, buku catatan, dan beberapa benda yang lain. Saksi yang sudah diminta info salah satunya beberapa tetangga, ketua RT, petugas PLN, karyawan koperasi taruh pinjam, dan petugas keamanan komplek rumah.

 

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …