Rupiah Kuat ke 15.657 per Dolar AS di tengah Prospek Ketidakjelasan Mata Uang Asia

Rupiah Kuat ke 15.657 per Dolar AS di tengah Prospek Ketidakjelasan Mata Uang Asia

Nilai tukar rupiah tutup perdagangan pada Rabu sore hari ini, 9 November 2022, dengan kuat 40 point di tingkat 15.657 per dolar AS. Satu hari awalnya rupiah ada di 15.707 per dolar AS.

Dalam pada itu, indeks dolar turun lebih dari 1 % di tengah-tengah bertambahnya ketidakjelasan berdasar hasil penyeleksian separuh waktu.

“Kebuntuan politik prospektif peluang akan pastikan tidak ada peralihan besar pada peraturan pajak di beberapa tahun kedepan, yang bisa memberikan keuntungan greenback,” tutur Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, dalam penjelasannya.

Ibrahim berkata dengan tumbuhnya harapan peningkatan suku bunga yang lebih kecil oleh The Fed, pasar saat ini memprediksi peluang nyaris 60 % jika bank sentral akan meningkatkan suku bunga sejumlah 50 pangkalan point di bulan Desember.

Ini sesudah beberapa petinggi The Fed mengatakan suportnya untuk cara barusan.

“Tetapi ingat bank sentral menyaratkan jika suku bunga peluang akan capai pucuknya di tingkat yang semakin tinggi dari yang diharap, prospek mata uang Asia masih tetap tidak jelas,” tutur Ibrahim.

Dalam pada itu, kata Ibrahim, data memperlihatkan inflasi Cina lebih kurang kuat daripada yang diprediksi pada Oktober. Ini mengisyaratkan rintangan ekonomi yang semakin banyak untuk negara gorden bambu itu karena berusaha untuk mengarahkan pandemi Covid-19.

Disamping itu, menurut Ibrahim, sentimen pada Cina lebih buruk minggu ini sesudah pihak berkuasa menjelaskan Beijing tidak mempunyai gagasan untuk kurangi peraturan ketat 0 Covid. “Yang disebut jantung dari penderitaan ekonomi Cina tahun ini,” katanya.

Dia memprediksi nilai tukar rupiah esok kembali kuat di bentang 15.630 sampai 15.700 per dolar AS.

See also  Menuntut Gaji Naik 13 %, Demonstrasi Buruh Hidupkan Smoke Bomb di Patung Kuda

 

Check Also

5 Kesaksian Terang-terangan Bharada E di Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua

5 Kesaksian Terang-terangan Bharada E di Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua Richard Eliezer Pudihang Lumiu …