SBY dan AHY Memimpin Koalisi Demokrat di Pacitan, Ulas Pemilu 2024 sampai Singgung Calon presiden

SBY dan AHY Memimpin Koalisi Demokrat di Pacitan, Ulas Pemilu 2024 sampai Singgung Calon presiden

Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat melangsungkan koalisi intern partai berlambang mercy itu mendekati Pemilihan Umum Presiden 2024, di Pacitan, Jawa Timur.

Ketua DPP Partai Demokrat Sartono Hutomo, mengutarakan koalisi itu didatangi langsung oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Ya, tatap muka (koalisi) ini lebih ke penyiapan kita mendekati Pemilu 2024,” kata Sartono.

Ia mengatakan, koalisi dilaksanakan karena acara acara pesta demokrasi telah dekat, hingga semua organ partai dimulai dari tingkat DPD atau DPC perlu dimatangkan.

“(Yang diulas) ya semua. Dimulai dari penyiapan pematangan agenda, jadwal bersamaan bergulirnya waktu mendekati pemilu ini kan cepat ya. Apa yang sudah digerakkan dan apa yang belum,” katanya kembali.

Salah satunya sebagai dasar ulasan tentu saja terkait dengan pemilihan presiden, khususnya tersangkut siapa calon atau pasangan calon yang hendak digotong Partai Demokrat bersama koalisi.

Tetapi Sartono akui untuk topik itu tidak diulas secara eksklusif. Argumennya, sampai sekarang ini komunikasi masih berjalan antartim partai. “Disentil tetapi karakternya kan masih tetap terus komunikasi team-team itu di Jakarta. Mas AHY belum sampaikan masalah (rumor ini) secara detil,” katanya.

Sartono menjelaskan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam beberapa sesion tatap muka semakin banyak menjelaskan mengenai isi museum. Satu diantaranya mengenai catatan kepimpinannya sepanjang selama dua masa pemerintah, mulai masa pertama tahun 2004-2009, dan masa ke-2 2009-2014.

SBY juga menjelaskan sasaran apa yang sukses diraih sepanjang masa itu, seperti pembayaran pelunasan pembayaran hutang negara ke IMF dan pengatasan bencana tsunami Aceh. “Jika kegiatan dan kerja-kerja sepanjang sepuluh tahun itu tergambar di museum itu. Lebih ke situ beliau . Maka tidak ada yang detil (pencapresan) ya,” ucapnya kembali.

See also  Anies Baswedan Jawab Kesempatan Duet Bersama AHY di 2024: Tidak Perlu Buru-Buru

Tatap muka dan koalisi partai ini dilaksanakan tertutup, berada di Museum dan Galeri Seni SBY*ANI yang berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Ploso, Kota Pacitan, Jawa Timur.

Pengamanan dan penyelamatan di museum ini, sepanjang serangkaian tatap muka, ketat sekali. Tidak semua anggota organ pantai dibolehkan masuk, bahkan juga dari barisan DPC Partai Demokrat sekalinya.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang berdasar belakang dari Partai Demokrat juga tidak diikutsertakan dalam kegiatan koalisi itu. Sekalinya dia bersama Wabup sempat menyongsong kehadiran SBY bersama putra bungsunya Eddy Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan keluarga.

Menurut Aji, panggilan Indrata Nur Bayuaji, undangan cuma ditujukan DPP dan DPD. Walau demikian, pihaknya menyongsong baik penerapan kegiatan itu di Pacitan. Karena, kedatangan beberapa ratus kader dan pengurus partai berlambang mercy ini ke Kota 1001 Goa, daerah yang dipegangnya sekarang ini, terang berpengaruh baik untuk ekonomi.

“Keinginannya bukan hanya Partai Demokrat, kemungkinan ada lembaga atau perusahaan lain melangsungkan kegiatan di Pacitan. Jika setiap bulan ada acara semacam ini tentu bagus untuk ekonomi Pacitan,” ucapnya.

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …