Tahapan Pertama, 8.341 Rumah Korban Gempa Cianjur Selekasnya Diperbarui

Tahapan Pertama, 8.341 Rumah Korban Gempa Cianjur Selekasnya Diperbarui

Menteri Koordinator Sektor Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, faksinya akan membenahi 8.341 rumah korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, pada tahapan 1.

“Kita kerjakan di tahapan 1 sekitar 8.341 rumah yang hendak langsung diperbaiki,” katanya dalam tayangan jurnalis, Sabtu.

Sampai sekarang ini, pemerintahan terus lakukan pencatatan rumah yang terimbas hancur enteng, sedang, sampai berat. Dia memerintah faksi berkaitan melakulan pencatatan secepat-cepatnya supaya selekasnya bisa dilaksanakan tahapan pemulihan dan rekonstruksi.

Berdasar data dari BNPB per 30 November 2022, telah terkonfirmasi sekitar 17.864 rumah hancur dari semua kelompok hancur berat, hancur sedang, hancur enteng (RB, RS, RR), terhitung 190 rumah beribadah, 14 faskes, 511 sarana pengajaran, 17 kantor gedung dan 2 jembatan hancur.

Sementara untuk memberikan dukungan pembaruan rumah dan sarana umum yang hancur, Muhadjir minta supaya beberapa puing bangunan roboh selekasnya dibikin bersih, yang dikoordinasi oleh BNPB dengan mengikutsertakan TNI dan Polri.

“Selanjutnya dalam pemakaian Dana Siap Gunakan (DSP) untuk tahapan rehab rekon supaya dilaksanakan dengan efektif, efisien, dan akuntabel dan sesuai ketentuan dan perundangan yang ada,” katanya.

Muhadjir menjelaskan, kontribusi dari pemerintahan pusat memiliki sifat stimulasi. Maka dari itu, memerlukan konsep keadilan untuk kontribusi tambahan dari pemkab, pemerintah kota, pemda, atau instansi filantropi yang lain.

“Bila ada organisasi masyarakat, yayasan, dan yang lain ingin menolong pembuatan rumah baru, karena itu harus bekerjasama dengan KemenPUPR, Pemda, Pemkab, dan Pemerintah kota,” kata Muhadjir.

Dalam pada itu, Menteri Tugas Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, pada pembaruan tahapan awalnya akan dibuat rumah untuk 200 kepala keluarga di lokasi yang baru (relokasi) dengan type 36 dengan luas tanah 90 m².

See also  Sales Manager - AYANA Komodo Resort AYANA Hospitality Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

“Sejumlah rumah yang ada di tempat merah itu kan harus direlokasi, tahapan pertama kali telah kami persiapkan 2,5 ha. Telah land clearing dan akan kita stock rumah tahan gempa dengan tehnologi RISHA (Rumah Instant Simpel Sehat),” kata Basuki.

Sambungnya, semua bangunan sarana umum dan sarana sosial seperti rumah sakit, sarana pengajaran, kantor dan yang lain akan diperbarui oleh PUPR. “Semoga pekan kedepan telah kita benahi. Disamping itu, untuk TPA yang berada di tempat merah akan kami relokasi dan lahannya telah berada di wilayah Cikalong,” katanya.

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …