Tahun Baru Imlek, Wakil presiden Ma’ruf Amin: Momen Perkokoh Kebersamaan Bangsa

Tahun Baru Imlek, Wakil presiden Ma’ruf Amin: Momen Perkokoh Kebersamaan Bangsa

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, yang diperingati pada Minggu, 22 Januari 2023 jadi momen pengokohan kebersamaan bangsa Indonesia.

Ia menjelaskan Tahun Baru Masehi 2023 dan Tahun Baru Imlek 2574 seyogyanya dirayakan dengan rasa sukur dan semangat untuk selalu bangun walau rintangan yang ditemui tidak enteng, supaya bangsa Indonesia terus bekerja maju bersama.

“Semangat perayaan Imlek sekiranya selalu jadi momen untuk seluruh bangsa Indonesia untuk perkuat kebersamaan dalam merealisasikan misi Indonesia yang semakin maju dan sejahtera,” kata Ma’ruf Amin dalam info video yang diterima di Jakarta.

Ma’ruf doakan supaya Tuhan selalu memperkuat kerukunan dan persaudaraan bangsa Indonesia dan melimpahi dengan kemampuan dan bantuan.

Dalam peluang itu, Ma’ruf Amin mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili ke semua umat Khonghucu dan masyarakat Indonesia yang rayakan.

“Saudara-saudaraku umat Khonghucu di Tanah Air dan di mana saja ada, saya ucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili,” tutur Wakil presiden Ma’ruf Amin.

Polda Metro Menjaga 255 Titik Wihara Sepanjang Perayaan Imlek
Dalam pada itu, Polda Metro Jaya siap-siap lakukan penyelamatan dalam rencana perayaan Imlek atau Tahun Baru China untuk warga yang rayakan. Pengamanan dilaksanakan dengan menebar personil di 255 titik wihara.

“Polda Metro Jaya akan lakukan penyelamatan pada kegiatan kalender Masehi kalender Kamtibmas untuk saudara saudara kita. Ada 255 titik jumlah wihara,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam penjelasannya.

Dari semua wihara, lanjut Trunoyudo, pihaknya akan diputuskan titik yang mengadakan ibadah. Supaya mendapatkan rasio prioritas penyelamatan oleh Polda Metro Jaya dengan barisan Polres.

See also  Ma'ruf Amin: Munas KAHMI, Tidak boleh Sampai Ada Bangku Melayang-layang

Adapun kemampuan penyelamatan personil, yang diturunkan sekitar 4.550 personil yang terbagi dalam 1403 Polda Metro Jaya, lalu, 1513 dari Polres barisan yang di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Selanjutnya ada 343 personil TNI, dan 1291 dari Pemerintah provinsi DKI.

“Tertentu keinginannya kami mengimbau, ini bisa terwujud saudara saudara kita dalam terutamanya rayakan Imlek. Selanjutnya semua komponen warga bisa berperan serta amankan ibu-kota negara terutamanya DKI Jakarta. Menjadikan Jakarta sebagai rumah kita bersama,” imbaunya.

Liburan Imlek, Polda Metro Siagakan Personil di Beberapa Titik Riskan Kemacetan
Memperhitungkan beberapa titik riskan kemacetan di Jakarta dan sekelilingnya sepanjang liburan Tahun Baru Imlek 2023 Masehi, beberapa anggota polisi akan di turunkan. Ini disingkap Direktur Lalu Lintasi Polda Metro Jakarta Kombes Pol Latif Usman.

“Kita akan mempersiapkan anggota untuk lakukan eksperimen jalan raya di titik riskan kemacetan,” kata Latif.

Latif menjelaskan, eksperimen jalan raya akan diterapkan sesuai keperluan di masing-masing wilayah.

Bukan hanya di titik riskan kemacetan, Ditlantas Polda Metro Jaya sudah mempersiapkan tim patroli untuk mengurai kemacetan di jalan tol dan jalur arteri.

Menurut dia, kekuatan beberapa titik kemacetan itu ada di Tol Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Merak dan jalur arteri. “Kita gelar anggota di jalan tol dan jalur arteri dan digerakan patroli di Tol Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Merak,” tutur Latif.

Selain itu, akses ke arah beberapa objek wisata di Jakarta jadi perhatian petugas untuk membuat kelancaran arus jalan raya. Personil Polantas sudah disiagakan di beberapa kawasan wisata di Jakarta dan sekelilingnya.

Check Also

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali

Meresmikan Bendungan Tamblang Memiliki biaya Rp820 Miliar, Jokowi: Uangnya Banyak Sekali Presiden Joko Widodo atau …